LKS Bab 5 Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap Kolonialisme

LKS Bab 5 Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap Kolonialisme IPS Kelas 8. Mengassah kemampuan menjadi cara terbaik kakak belajar. Berlatih menambah daya ingat dan pemahaman yang kompleks dari materi menjadi lebih terstruktur belajar materinya. Cara dan strategi yang tepat dan rutin kakak laksanakan memudahkan memahami materi pelajaran. Yuk berlatih kakak.

 


Berikut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Bab 5: Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap Kolonialisme, mata pelajaran IPS Kelas 8 Semester 2.

📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Mata Pelajaran IPS – Kelas 8 Semester 2

Bab 5: Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap Kolonialisme

 

🧾 Identitas Siswa

  • Nama Siswa: ....................................................
  • Kelas: ..............................................................
  • Hari/Tanggal: ...................................................

 

🎯 Tujuan Pembelajaran

Melalui LKS ini, siswa diharapkan dapat:

  • Menjelaskan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia.
  • Mengidentifikasi sistem pemerintahan dan kebijakan kolonial.
  • Menjelaskan bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme.
  • Menganalisis dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia.

 

📘 Bagian A – Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Tujuan utama bangsa Barat datang ke Indonesia adalah untuk...
A. Menyebarkan Islam
B. Menjalin kerja sama budaya
C. Mencari rempah-rempah dan kejayaan

D. Mendirikan negara baru

2. Hak istimewa VOC disebut...
A. Hak monopoli
B. Hak oktroi

C. Hak tanam
D. Hak angket

3. Tanam paksa (Cultuurstelsel) diterapkan pada masa...
A. Daendels
B. Raffles
C. Van den Bosch

D. Van der Capellen

4. Tokoh perlawanan dari Aceh yang terkenal adalah...
A. Sultan Ageng Tirtayasa
B. Cut Nyak Dien

C. Pattimura
D. Tuanku Imam Bonjol

 

✍️ Bagian B – Isian Singkat

1. Sebutkan tiga bangsa Eropa yang datang ke Indonesia pada awal penjajahan!
a. ..............................................
b. ..............................................
c. ..............................................

2. Jelaskan tujuan sistem tanam paksa (Cultuurstelsel) diterapkan oleh Belanda!
.........................................................................................................................

3. Siapakah tokoh perlawanan yang memimpin Perang Jawa tahun 1825–1830?
.........................................................................................................................

4. Apa perbedaan perlawanan kedaerahan dengan perjuangan nasional?
.........................................................................................................................

 

📊 Bagian C – Tabel Analisis

Petunjuk: Lengkapilah tabel berikut berdasarkan pengetahuanmu!

Nama Perlawanan

Tokoh Utama

Wilayah

Tahun

Lawan yang Dihadapi

Perang Paderi

Perang Diponegoro

Perang Pattimura

Perang Banjar

Perang Aceh

 

💬 Bagian D – Studi Kasus

Kasus:
Cultuurstelsel atau tanam paksa mewajibkan rakyat Indonesia menanam tanaman ekspor seperti kopi, tebu, dan nila di sebagian tanah mereka. Rakyat harus menjual hasil panen kepada pemerintah Belanda dengan harga murah. Akibatnya, banyak petani yang menderita kelaparan dan kemiskinan.

Pertanyaan:

  1. Apa tujuan pemerintah kolonial menerapkan tanam paksa?
  2. Apa dampak kebijakan ini bagi rakyat Indonesia?
  3. Jika kamu hidup di masa itu, apa sikapmu terhadap kebijakan tersebut?

Tuliskan jawabanmu secara singkat namun jelas!

 

🧠 Refleksi Diri

Apa pelajaran yang dapat kamu ambil dari perjuangan para pahlawan Indonesia melawan penjajahan?
📝 ............................................................................................
.................................................................................................

 

🎨 Tugas Kreatif (Opsional Kelompok)

Buatlah poster digital atau manual yang menampilkan tokoh-tokoh pahlawan perlawanan di berbagai daerah, dilengkapi dengan:

  • Nama tokoh
  • Wilayah perjuangan
  • Tahun perlawanan
  • Nilai-nilai yang dapat diteladani

Gunakan media karton, PowerPoint, atau Canva.

 

Penilaian

Aspek Penilaian

Skor Maksimal

Pemahaman Konsep

40

Ketepatan Jawaban

30

Analisis & Argumentasi

20

Kerapian dan Kedisiplinan

10

Total

100

 

 

Selamat belajar mengerjakan soal soal latihan mata pelajaran favorit kakak. Mulai belajar sekarang ya kakak, kami siap membantu dan memberikan fasilatornya.

 

0 comments