LKS Bab 5 Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap Kolonialisme
LKS Bab 5 Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan
Perlawanan terhadap Kolonialisme IPS
Kelas 8. Mengassah kemampuan menjadi cara terbaik kakak belajar. Berlatih
menambah daya ingat dan pemahaman yang kompleks dari materi menjadi lebih terstruktur
belajar materinya. Cara dan strategi yang tepat dan rutin kakak laksanakan
memudahkan memahami materi pelajaran. Yuk berlatih kakak.
Berikut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Bab 5: Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap Kolonialisme, mata pelajaran IPS Kelas 8 Semester 2.
📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Mata
Pelajaran IPS – Kelas 8 Semester 2
Bab 5:
Perkembangan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Perlawanan terhadap
Kolonialisme
🧾
Identitas Siswa
- Nama Siswa: ....................................................
- Kelas:
..............................................................
- Hari/Tanggal:
...................................................
🎯 Tujuan
Pembelajaran
Melalui
LKS ini, siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan
kedatangan bangsa Barat ke Indonesia.
- Mengidentifikasi
sistem pemerintahan dan kebijakan kolonial.
- Menjelaskan
bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme.
- Menganalisis
dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia.
📘 Bagian A
– Pilihan Ganda
Pilihlah
jawaban yang paling tepat!
1. Tujuan utama bangsa Barat datang ke
Indonesia adalah untuk...
A. Menyebarkan Islam
B. Menjalin kerja sama budaya
C. Mencari rempah-rempah dan kejayaan ✅
D. Mendirikan negara baru
2. Hak istimewa VOC disebut...
A. Hak monopoli
B. Hak oktroi ✅
C. Hak tanam
D. Hak angket
3. Tanam paksa (Cultuurstelsel)
diterapkan pada masa...
A. Daendels
B. Raffles
C. Van den Bosch ✅
D. Van der Capellen
4. Tokoh perlawanan dari Aceh yang
terkenal adalah...
A. Sultan Ageng Tirtayasa
B. Cut Nyak Dien ✅
C. Pattimura
D. Tuanku Imam Bonjol
✍️ Bagian B
– Isian Singkat
1. Sebutkan tiga bangsa Eropa yang
datang ke Indonesia pada awal penjajahan!
a. ..............................................
b. ..............................................
c. ..............................................
2. Jelaskan tujuan sistem tanam paksa
(Cultuurstelsel) diterapkan oleh Belanda!
.........................................................................................................................
3. Siapakah tokoh perlawanan yang
memimpin Perang Jawa tahun 1825–1830?
.........................................................................................................................
4. Apa perbedaan perlawanan kedaerahan
dengan perjuangan nasional?
.........................................................................................................................
📊 Bagian C
– Tabel Analisis
Petunjuk: Lengkapilah tabel berikut
berdasarkan pengetahuanmu!
Nama
Perlawanan |
Tokoh Utama |
Wilayah |
Tahun |
Lawan
yang Dihadapi |
Perang Paderi |
||||
Perang Diponegoro |
||||
Perang Pattimura |
||||
Perang Banjar |
||||
Perang Aceh |
💬 Bagian D
– Studi Kasus
Kasus:
Cultuurstelsel atau tanam paksa mewajibkan rakyat Indonesia menanam tanaman ekspor
seperti kopi, tebu, dan nila di sebagian tanah mereka. Rakyat harus menjual
hasil panen kepada pemerintah Belanda dengan harga murah. Akibatnya, banyak
petani yang menderita kelaparan dan kemiskinan.
Pertanyaan:
- Apa
tujuan pemerintah kolonial menerapkan tanam paksa?
- Apa
dampak kebijakan ini bagi rakyat Indonesia?
- Jika
kamu hidup di masa itu, apa sikapmu terhadap kebijakan tersebut?
Tuliskan
jawabanmu secara singkat namun jelas!
🧠
Refleksi Diri
Apa pelajaran yang dapat kamu ambil dari perjuangan
para pahlawan Indonesia melawan penjajahan?
📝
............................................................................................
.................................................................................................
🎨 Tugas
Kreatif (Opsional Kelompok)
Buatlah poster digital atau manual yang menampilkan
tokoh-tokoh pahlawan perlawanan di berbagai daerah,
dilengkapi dengan:
- Nama
tokoh
- Wilayah
perjuangan
- Tahun
perlawanan
- Nilai-nilai
yang dapat diteladani
Gunakan
media karton, PowerPoint, atau Canva.
✅ Penilaian
Aspek
Penilaian |
Skor
Maksimal |
Pemahaman Konsep |
40 |
Ketepatan Jawaban |
30 |
Analisis & Argumentasi |
20 |
Kerapian dan Kedisiplinan |
10 |
Total |
100 |
Selamat belajar mengerjakan soal
soal latihan mata pelajaran favorit kakak. Mulai belajar sekarang ya kakak,
kami siap membantu dan memberikan fasilatornya.
0 comments